KORELASI PERSEPSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR TARI KLANA ALUS SUMYAR MAHASISWA PENDIDIKAN SENI TARI YANG BERASAL DARI LUAR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Novitasari, Yulia (2014) KORELASI PERSEPSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR TARI KLANA ALUS SUMYAR MAHASISWA PENDIDIKAN SENI TARI YANG BERASAL DARI LUAR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yulia Novitasari 10209241035.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adanya korelasi antara persepsi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Tari KlanaAlusSumyar mahasiswa Pendidikan Seni Tari yang berasal dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang mempelajari Tari klasik gaya Yogyakarta I yaitu Tari KlanaAlusSumyar pada kelas G, H, dan I yang berasal dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 26 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Non Probability Sampling yaitu sampel jenuh.Data diperoleh dari metode angket dan tes penampilan,yang kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, yang dilanjutkan dengan menggunakan rumus korelasi ganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) “ada korelasi yang positif dan signifikan antara persepsi dengan prestasi belajar Tari KlanaAlusSumyar”. Dibuktikan dengan hasil nilai r hitung≥ r tabel (0,526≥ 0,388)dan taraf signifikansi 0,006≤ 0,05. Bermakna bahwa, jika persepsi positif maka prestasi belajar Tari Klana Alus Sumyar juga mengarah pada hasil yang positif (baik);2) “ada korelasi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Tari Klana Alus Sumyar”. Dibuktikan dengan nilai r hitung≥r tabel (0,511≥0,388) dan taraf signifikansi 0,008 ≤ 0,05. Bermakna bahwa, semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi pula prestasi belajar Tari Klana Alus Sumyar yang dicapai; 3) “ada korelasi yang positif dan signifikan antara persepsi dan motivasi belajar secara bersama-samadengan prestasi belajar Tari Klana Alus Sumyar”. Dibuktikan dengannilai Rhitung≥ rtabel (0,689≥0,388), nilai Fhitung≥Ftabel (10,412≥4,279) dan taraf signifikansi 0,001≤ 0,05. Bermakna bahwa, semakin positif persepsi dan semakin tinggi motivasi belajar maka semakin positif (baik) pula prestasi belajar Tari Klana Alus Sumyar yang dicapai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi, motivasi belajar, prestasi belajar, tari klana alus sumyar
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 17 Apr 2015 06:40
Last Modified: 29 Jan 2019 21:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16989

Actions (login required)

View Item View Item