ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013

Arianita Keke, Keke (2013) ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013 oleh: Keke Arianita 09404244012 Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada perbedaan efektivitas model pembelajaran inkuiri dibanding pembelajaran konvensional yang digunakan pada mata pelajaran ekonomi ditinjau dari keaktifan belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasihan (2) apakah ada perbedaan efektivitas model pembelajaran inkuiri dibanding pembelajaran konvensional yang digunakan pada mata pelajaran ekonomi ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasihan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain Control Group Pre-test-Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasihan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kelas XE sebagai kelompok eksperimen (KE) dan kelas XG sebagai kelompok kontrol (KK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis untuk menguji hasil penelitian menggunakan uji independent sample t-test dan mann-whitney u-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan efektivitas model pembelajaran inkuiri dibanding pembelajaran konvensional yang digunakan pada pelajaran ekonomi ditinjau dari keaktifan belajar, dibuktikan pada pertemuan kedua z hitung -4,489 dengan signifikansi 0,000; pertemuan ketiga t hitung -6,217 dengan signifikansi 0,000; pertemuan keempat t hitung -8,256 dengan signifikansi 0,000 (2) ada perbedaan efektivitas model pembelajaran inkuiri dibanding pembelajaran konvensional yang digunakan pada pelajaran ekonomi ditinjau dari prestasi belajar, dibuktikan t hitung -6,732 dengan signifikansi 0,000 dan rata-rata prestasi belajar akhir (post-test) pada kelompok eksperimen sebesar 77,500 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 59,843. Gain kelompok eksperimen yaitu = 0,6247 dan gain kelompok kontrol sebesar = 0,2803. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:16
Last Modified: 29 Jan 2019 21:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16987

Actions (login required)

View Item View Item