ABSTRAK PERBEDAAN PARTISIPASI PEMBELAJARAN DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA YANG MENERAPKAN DAN TIDAK MENERAPKAN CLASSROOM CODE OF CONDUCT.

Hapsari Theresa Rosaria, Ros (2013) ABSTRAK PERBEDAAN PARTISIPASI PEMBELAJARAN DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA YANG MENERAPKAN DAN TIDAK MENERAPKAN CLASSROOM CODE OF CONDUCT. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PERBEDAAN PARTISIPASI PEMBELAJARAN DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA YANG MENERAPKAN DAN TIDAK MENERAPKAN CLASSROOM CODE OF CONDUCT Oleh: Theresa Rosaria Hapsari NIM 09404241013 Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui perbedaan partisipasi pembelajaran antara kelas yang menerapkan dan tidak menerapkan classroom code of conduct; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar ekonomi antara kelas yang menerapkan dan tidak menerapkan classroom code of conduct; (3) mengetahui perbedaan pre-test dan post-test prestasi belajar ekonomi sebelum dan sesudah menerapkan classroom code of conduct Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Depok Sleman tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 3 kelas yang berjumlah 100 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel adalah sebanyak 65 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu XI IPS 2 dan XI IPS 3. Kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas ekperimen. Instrumen pengambilan data menggunakan angket dan soal tes. Validitas instrumen didapatkan dari pendapat para ahli (judgement expert) dan diujicobakan. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan koefisien reliabilitas angket sebesar 0,741 dan reliabilitas soal tes sebesar 0,890. Uji prasyarat normalitas data menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan rumus One Way Anova. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t dua sampel independen dan Uji-t komparatif sampel berpasangan dengan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Partisipasi pembelajaran kelas yang menerapkan classroom code of conduct lebih tinggi dari kelas yang tidak menerapkan classroom code of conduct (thitung = 2,024 > ttabel 5% = 1,998); (2) Prestasi belajar ekonomi kelas yang menerapkan classroom code of conduct lebih tinggi dari kelas yang tidak menerapkan classroom code of conduct (thitung = 2,070 > ttabel 5% = 1,998); (3) Hasil post-test prestasi belajar ekonomi sesudah menerapkan classroom code of conduct lebih tinggi dari pre-test prestasi belajar ekonomi sebelum menerapkan classroom code of conduct (thitung = 12,763 > ttabel 5% = 2,048). Dengan demikian penerapan classroom code of conduct berpengaruh terhadap peningkatan partisipasi pembelajaran dan prestasi belajar ekonomi siswa. Kata Kunci: Classroom Code of Conduct, Partisipasi Pembelajaran, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16985

Actions (login required)

View Item View Item