ABSTRAK EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN SLEMAN TAHUN AJARAN.

Saonah Siti, Siti (2013) ABSTRAK EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN SLEMAN TAHUN AJARAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (61MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: SITI SAONAH 09404244035 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran learning cycle dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle dan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dan perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle dan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain control group pre-tes-post-test design dan control group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang mendapat pelajaran ekonomi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran learning cycle efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yakni terjadi peningkatan sebesar 91.84%, dibuktikan t hitung hasil analisis sebesar -19.906 dengan signifikansi < 0.05, hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional, dibuktikan dengan t hitung hasil analisis -6.656 dengan signifikansi < 0.05, dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dibuktikan t hitung hasil analisis sebesar -4.632 dengan signifikansi < 0.05. Kata Kunci: model pembelajaran learning cycle, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16984

Actions (login required)

View Item View Item