PEMURNIAN DAN KARAKATERISASI GLISEROL HASIL SAMPING SINTESIS METIL ESTER DARI MINYAK JELANTAH DENGAN METODE ADSORPSI (KARBON AKTIF)

Fikriya, Elhana (2014) PEMURNIAN DAN KARAKATERISASI GLISEROL HASIL SAMPING SINTESIS METIL ESTER DARI MINYAK JELANTAH DENGAN METODE ADSORPSI (KARBON AKTIF). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (14kB)

Abstract

Hasil samping pembuatan biodisel yang berupa crude glycerol selama ini belum dimanfaatkan oleh penghasil biodisel. Maka dari itu dilakukan pemurnian crude glycerol dengan proses adsorpsi. Pemurnian crude glycerol dapat menghasilkan gliserol murni yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gliserol murni dan mengetahui karakterisasi gliserol berdasarkan analisis spektroskopi IR dan spektroskopi GC-MS. Langkah awal dalam penelitian ini crude glycerol dipisahkan dari metanol dengan evaporasi, hasil yang diperoleh selanjutnya dilakukan saponifikasi dengan NaOH. Proses selanjutnya adalah asidifikasi dengan asam fosfat (H3PO4), dan selanjutnya crude glycerol dinetralisasi dengan NaOH. Kemudian diikuti proses adsorpsi dengan penambahan karbon aktif untuk menarik sisa kotoran dan warna. Terakhir digunakan destilasi vakum untuk menarik air. Hasil yang diperoleh kemudian dikarakterisasi dengan spektroskopi IR dan spektroskopi GC-MS. Hasil spektroskopi IR gliserol hasil pemurnian menunjukkan adanya ikatan O-H, ikatan C-H alifatik, dan ikatan C-O. Berdasarkan spektroskopi GC-MS diperoleh 3 puncak, dengan satu puncak utama dengan tR 6,638 menit dengan luas area 99,810% dan mempunyai ion molekul m/z 93,1. Dari data spektroskopi senyawa hasil pemurnian adalah gliserol identik dengan gliserol standar. Kata kunci: gliserol, sintesis metil ester, adsorpsi (karbon aktif)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 17 Apr 2015 05:04
Last Modified: 29 Jan 2019 21:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16976

Actions (login required)

View Item View Item