STUDI EKSPLORASI PELAKSANAAN PRAKTIK DAGANG KELILING SEBAGAI SALAH SATU PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL.

Setyaningtyas Wanik, Tyas (2013) STUDI EKSPLORASI PELAKSANAAN PRAKTIK DAGANG KELILING SEBAGAI SALAH SATU PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

STUDI EKSPLORASI PELAKSANAAN PRAKTIK DAGANG KELILING SEBAGAI SALAH SATU PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL Oleh : Wanik Setyaningtyas 09404241034 ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan praktik dagang keliling sebagai salah satu praktik kewirausahaan di SMK Negeri 1 Wonosari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan praktik dagang keliling di SMK Negeri 1 Wonosari. Begitu juga respon peserta didik, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan praktik dagang keliling. Untuk menjawab permasalahan penelitian digunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengurus business centre dan peserta didik SMK Negeri 1 Wonosari. Teknis analisis data yang digunakan adalah model interaktif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Praktik dagang keliling merupakan praktik menjual barang kebutuhan sehari-hari dengan konsep pemasaran langsung (direct marketing) yang dilaksanakan secara bergilir oleh peserta didik SMK Negeri 1 Wonosari sebanyak dua kali setiap semester. Teknis pelaksanaan praktik dagang keliling dimulai dari peserta didik diberikan katalog yang berisi daftar harga dan barang dari sekolah sebagai acuan untuk menawarkan barang ke konsumen. Setelah menerima pesanan, peserta didik menganalisa barang-barang pesanan konsumen untuk kemudian mengambil barang pesanan tersebut ke business centre sesuai jadwal. Setelah barang pesanan terkumpul, peserta didik melakukan pengecekan barang, kemudian pelaporan dan pembayaran. 2. Berkenaan dengan respon peserta didik dan konsumen, mereka memberikan respon positif dan negatif. Respon positifnya praktik dagang keliling memberikan banyak manfaat untuk peserta didik seperti melatih kerjasama, kesabaran, dan mampu mengaplikasikan teori dengan kenyataan serta akan memudahkan konsumen untuk berbelanja. Selain itu, adapula respon negatif yaitu peserta didik terkadang kesulitan mencari konsumen dan beberapa konsumen merasa kurang puas dengan barang yang diterima dari praktik dagang keliling. 3. Faktor pendukung dalam praktik dagang keliling adalah sarana prasarana, fasilitas penunjang, sistem komputerisasi dalam proses administrasi, dan kerjasama yang baik antar warga sekolah serta keluarga dan lingkuangan tempat tinggal. 4. Faktor penghambat dagang keliling adalah padatnya jadwal kegiatan guru dan peserta didik, beberapa harga barang tidak lebih murah, ada orangtua peserta didik yang kurang setuju dan supplier yang terkadang telat mengantar barang ke business centre. Kata Kunci: Praktik Dagang keliling, business centre.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16971

Actions (login required)

View Item View Item