PENGEMBANGAN BUKU SAKU AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA.

Qurrota’Aini Saras Shinta, Saras (2013) PENGEMBANGAN BUKU SAKU AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi English - SARAS SHINTA QURROTA‟AINI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN BUKU SAKU AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA Oleh : SARAS SHINTA QURROTA’AINI 09418244006 ABSTRAK Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang dilakukan pada kelas XI SMAN 5 Yogyakarta. Penelitian ini mempunyai dua tujuan utama. Pertama, untuk menghasilkan buku saku akuntansi yang layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran bagi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Kedua, untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa yang menggunakan buku saku akuntansi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan penilaian kelayakan media yang dikembangkan dengan komponen kelayakan isi, kebahasaan dan gambar, penyajian, dan kegrafikaan dan mendeskripsikan hasil motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat beberapa tahapan yang harus dilaksanakan yaitu : analisis kebutuhan, perencanaan, pembuatan buku saku, validasi ahli materi dan ahli media, revisi I, uji coba kelompok kecil, revisi II, uji coba kelompok besar, analisis produk akhir. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa media yang dikembangkan berada pada kualifikasi baik sesuai dengan hasil uji coba uji coba kelompok besar yaitu 3,75 dan terdapat kenaikan skor rata- rata motivasi belajar siswa secara keseluruhan sebesar 5,64%. Kata Kunci: Buku Saku Akuntansi, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16953

Actions (login required)

View Item View Item