ANALISIS DAMPAK PEMECAHAN SAHAM TERHADAP TRADING VOLUME ACTIVITY DAN ABNORMAL RETURN SAHAM PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2011.

Nugroho Ebtanto Pungky, Pungky (2013) ANALISIS DAMPAK PEMECAHAN SAHAM TERHADAP TRADING VOLUME ACTIVITY DAN ABNORMAL RETURN SAHAM PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2011. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ANALISIS DAMPAK PEMECAHAN SAHAM TERHADAP TRADING VOLUME ACTIVITY DAN ABNORMAL RETURN SAHAM PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2011 Oleh : Ebtanto Pungky Nugroho NIM 09408144013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, adanya perbedaan trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman pemecahan saham. Kedua, adanya abnormal return di sekitar pengumuman pemecahan saham, dan yang ketiga, adanya perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman pemecahan saham. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang melakukan pemecahan saham periode 2008-2011. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria pengambilan sampel yang telah ditetapkan diperoleh jumlah sampel 29 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis uji beda dua rata-rata dengan periode pengamatan (event window) adalah 10 hari yaitu t = -5 (5 hari sebelum pemecahan saham) dan t = 5 (5 hari sesudah pemecahan saham). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji wilcoxon signed rank menunjukkan terdapat perbedaan trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman pemecahan saham dengan tingkat signifikansi 0,000, sedangkan hipotesis kedua berdasarkan hasil uji one sample t-test menunjukkan terdapat abnormal return di sekitar pengumuman pemecahan saham dengan tingkat signifikansi 0,036 pada hari pertama dan 0,034 pada hari ketiga setelah pengumuman pemecahan saham. Pada hipotesis ketiga berdasarkan hasil uji wilcoxon signed rank menunjukkan tidak terdapat perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman pemecahan saham dengan tingkat signifikansi 0,371. Kata kunci : pemecahan saham, trading volume activity, abnormal return.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16951

Actions (login required)

View Item View Item