PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEKRETARIS DALAM PENGEMBANGAN ORGANISASI

Hanggani, Mila Eka (2013) PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEKRETARIS DALAM PENGEMBANGAN ORGANISASI. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
TA MB MILA ALL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hakikat komunikasi interpersonal; (2) urgensi komunikasi interpersonal bagi sekretaris;(3) peran komunikasi interpersonal sekretaris bagi pengembangan organisasi; (4)proses komunikasi interpersonal dalam pengembangan organisasi.Pembahasan permasalahan pada tulisan ini dilakukan menggunakan metode pendekatan deduktif dan metode pemecahan masalah yakni dengan studi pustaka,mencari buku-buku, serta referensi kemudian menarik kesimpulan dari permasalahan yang telah dibahas.Hasil pembahasan menunjukkan: (1) komunikasi interpersonal merupakan suatu proses transaksi informasi antar manusia yang terjadi secara langsung bertatap muka maupun tidak langsung, penyampaian pesan dapat secara lisan dan tertulis sehingga dapat diketahui langsung balikannya; (2) urgensi komunikasi interpersonal bagi sekretaris yaitu untuk menunjang tugas dan fungsi sekretaris di internal maupun eksternal organisasi; (3) fungsi komunikasi interpersonal sekretaris dalam pengembangan organisasi adalah untuk (a) mendapatkan respon, (b) berbagi pengetahuan dan pengalaman, (c) mengubah sikap dan perilaku, (d) membentuk dan menjaga hubungan baik antar individu atau organisasi, (e) pemecah permasalahan dari hubungan kerjasama, (f) mengurangi ketidakpastian, (g) melakukan antisipasi. Peran komunikasi interpersonal sekretaris dalam pengembangan organisasi adalah sebagai salah satu alat untuk memperlancar usaha dan strategi dalam pengembangan organisasi dan sebagai jembatan penghubung kerjasama antar organisasi; (4) proses komunikasi interpersonal dalam pengembangan organisasi berlangsung ketika sekretaris berdiskusi dan berkoordinasi baik dengan pimpinan atau rekan kerja serta ketika sekretaris melakukan lobi dan negosiasi dengan organisasi lain, proses komunikasi diawali dari keinginan berkomunikasi oleh komunikator, kemudian encoding oleh komunikator,dilanjutkan dengan pengiriman pesan, lalu penerimaan pesan,setelah itu decoding oleh komunikan dan proses terakhir adalah umpan balik atau respon, dimana umpan balik dapat menjadi bahan baru bagi komunikan untuk memulai pesan baru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Diploma 3 (D3) > D3 Sekretari
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:16
Last Modified: 29 Jan 2019 21:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16944

Actions (login required)

View Item View Item