PENGARUH ASOSIASI MEREK, CITRA MEREK, DAN SIKAP MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK (Studi Kasus pada CV. ALKA Yogyakarta)

Santoso Tri Iman, Iman (2013) PENGARUH ASOSIASI MEREK, CITRA MEREK, DAN SIKAP MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK (Studi Kasus pada CV. ALKA Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi utuh.pdf

Download (869kB) | Preview

Abstract

PENGARUH ASOSIASI MEREK, CITRA MEREK, DAN SIKAP MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK (Studi Kasus pada CV. ALKA Yogyakarta) Tri Iman Santoso Fakultas Ekonomi, Universitas Yogyakarta Ini_imn@yahoo.com Nurhadi, M.M Fakultas Ekonomi, Universitas Yogyakarta nhdyk2004@yahoo.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh asosiasi merek terhadap ekuitas merek pada CV. ALKA, (2) pengaruh citra merek terhadap ekuitas merek pada CV. ALKA, (3) pengaruh sikap merek terhadap ekuitas merek pada CV. ALKA, dan (4) untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh asosiasi merek, citra merek, dan sikap merek terhadap ekuitas merek pada CV. ALKA. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang pernah berkunjung atau menggunakan produk CV. ALKA Yogyakarta pada tahun 2012-2013. Pengambilan sampel menggunakan metode pendekatan nonprobability sampling yaitu accidental sampling dimana metode pengambilan sampel hanya individu yang kebetulan dijumpai atau yang dapat dijumpai. Jumlah sampel penelitian ini adalah 100 orang konsumen sebagai responden di CV. ALKA Yogyakarta pada bulan Mei 2013 sampai dengan Juni 2013. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) asosiasi merek berpengaruh positif terhadap ekuitas merek dilihat dari hasil uji signifikansi t<0.05 (0.000<0.05), dan koefisien regresi sebesar 0.364 bertanda positif, (2) citra merek berpengaruh positif terhadap ekuitas merek dilihat dari hasil uji signifikansi t<0.05 (0.000<0.05), dan koefisien regresi sebesar sebesar 0.259 bertanda positif, (3) sikap merek berpengaruh positif terhadap ekuitas merek dilihat dari hasil uji signifikansi t<0.05 (0.004<0.05), dan koefisien regresi sebesar sebesar 0.246 bertanda positif, dan (4) asosiasi merek, citra merek, dan sikap merek berpengaruh positif terhadap ekuitas merek dilihat dari analisis regresi uji F diperoleh persamaan Y = 0.400 + 0.364X1 + 0.259X2 + 0.246X3. Angka R square sebesar bahwa 76.6 persen ekuitas merek dapat dijelaskan oleh variabel asosiasi merek, citra merek dan sikap merek. Sedangkan 23,6 persen dapat dijelaskan oleh sebab-sebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Merek, Asosiasi merek, Sikap merek, Citra merek, Ekuitas merek.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16943

Actions (login required)

View Item View Item