PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK N 1 JOGONALAN.

Nurmalasari Ita, Mala (2013) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK N 1 JOGONALAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK N 1 JOGONALAN Oleh Ita Nurmalasari NIM 09402244029 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter peserta didik kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK N 1 Jogonalan, selain itu untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling sehingga terdapat informan kunci dan informan pendukung. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Guru Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Sedangkan informan pendukung adalah Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, ketua jurusan administrasi perkantoran dan peserta didik kompetensi keahlian administrasi perkantoran. Data penelitian diperoleh melalui observasi pelaksanaan pendidikan karakter di dalam kelas dan di luar kelas, wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, ketua jurusan administrasi perkantoran, guru kompetensi keahlian administrasi perkantoran dan peserta didik kompetensi keahlian administrasi perkantoran dan dengan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Tahapan analisis interaktif melalui reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) SMK N 1 Jogonalan telah melaksanakan pendidikan karakter; (2) Dalam kegiatan pembelajaran, guru membuat perencanaan dengan mengembangkan nilai karakter dalam perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP; (3) pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, pengembangan budaya sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler; (4) nilai-nilai karakter yang sering ditanamkan dalam pembelajaran produktif administrasi perkantoran adalah religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab; (5) dalam evaluasi, guru menggunakan lembar pengamatan akhlak dan kepribadian peserta didik dengan mengacu nilai pendidikan karakter; (6) hambatannya adalah guru tidak dapat memantau kegiatan peserta didik di lingkungan tempat tinggal, upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan adalah menjalin komunikasi dengan orang tua peserta didik. Kata kunci: pendidikan karakter, peserta didik kompetensi keahlian administrasi perkantoran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16926

Actions (login required)

View Item View Item