REKAYASA MIKROSTRUKTUR LARUTAN PADAT Ti(1-x)VxO2 MELALUI METODE PENGENDAPAN BASA DENGAN TEKNIK REFLUKS DAN KARAKTERISASINYA

Harini, Nita Nur (2013) REKAYASA MIKROSTRUKTUR LARUTAN PADAT Ti(1-x)VxO2 MELALUI METODE PENGENDAPAN BASA DENGAN TEKNIK REFLUKS DAN KARAKTERISASINYA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
REKAYASA MIKROSTRUKTUR LARUTAN PADAT T2.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi persentase vanadium dalam sintesis titanium dioksida (TiO2) terdadah vanadium dengan metode pengendapan basa melalui teknik refluks terhadap karakter yang dihasilkan. Senyawa TiO2 terdadah vanadium telah berhasil disintesis dengan mengunakan metode pengendapan basa dengan teknik refluks. Prekusor Ti(O2)O.2H2O, NH4OH pada rentang pH 8-12, NH4VO3 (dengan variasi persentase 0%, 3%, 6% dan 9%) direfluks pada temperatur 150°C selama 6 jam. Sampel hasil sintesis kemudian dikeringkan dalam oven pada suhu 70°C dan dikalsinasi pada suhu 600°C selama 2 jam dan dikarakterisasi dengan UV-Vis, XRD dan SEM-EDX. Hasil analisis SEM memperlihatkan morfologi permukaan TiO2 terdadah vanadium berbentuk agregat dengan distribusinya tidak merata. Hasil EDX menunjukkan semakin tinggi persentase pendadah vanadium, semakin besar kandungan vanadium di dalam serbuk TiO2. Hasil XRD menunjukkan TiO2 terdadah vanadium 0%;2,3%;3,3%; dan 4,9% mempunyai fasa anatas. Hasil analisis UV-Vis pendadah vanadium berhasil menggeser serapan TiO2 dari daerah Uv-vis ke daerah sinar tampak. Kata kunci : TiO2 terdadah vanadium, metode pengendapan basa teknik refluks, SEM-EDX, XRD, UV-Vis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 17 Apr 2015 03:38
Last Modified: 29 Jan 2019 21:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16924

Actions (login required)

View Item View Item