PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK GERAK TARI BAGI ANAK TUNALARAS MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA

Wulandari, Ninik (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK GERAK TARI BAGI ANAK TUNALARAS MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ninik Wulandari 10209244016.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan motorik gerak tari bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) serta metode pembelajaran berdendang, reward, dan bermain. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SLB E Prayuwana Yogyakarta kelas besar pada pembelajaran ekstrakurikuler seni tari yakni kelas 3, 4 E, dan 6. Pengumpulan data dalam penelitian, yaitu wawancara, dokumentasi, tes pratek tari, catatan harian, dan observasi. Analisis data dalam penelitian, yaitu analisis proses dan analisis hasil. Keabsahan data diperoleh dari validitas (validitas demokratik, validitas hasil, dan validitas proses) serta reliabilitas menunjukkan data yang didapat selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan motorik gerak tari anak tunalaras dapat meningkat melalui pendekatan contextual teaching learning menggunakan metode bermain, reward, dan berdendang. Hal itu ditunjukkan dengan adanya kemampuan anak tunalaras dalam memperagakan tari, menirukan ragam tari dengan benar, dan melakukan gerak sesuai dengan irama, Selain itu didukung data kuantitatif, yakni siklus I 54% dan siklus II 80%; (2) Pendekatan contextual teaching learning dapat mengingkatkan hubungan intrapersonal anak tunalaras, hal itu ditunjukkan dengan adanya kerjasama antara anak tunalaras dan peneliti, yakni siklus I 54% dan siklus II 90%; dan (3) Motivasi yang tinggi akan meningkatkan kemampuan motorik gerak tari anak tunalaras ditandai dengan kesiapan, kehadiran, dan kemauan anak tunalaras dalam mengikuti pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik, anak berkebutuhan khusus tunalaras, pendekatan contextual teaching learning
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 17 Apr 2015 03:38
Last Modified: 29 Jan 2019 21:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16923

Actions (login required)

View Item View Item