ABSTRAK PELAKSANAAN PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI PT TIRTA INVESTAMA WONOSOBO.

Hidayah, Hida (2013) ABSTRAK PELAKSANAAN PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI PT TIRTA INVESTAMA WONOSOBO. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (41MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PELAKSANAAN PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI PT TIRTA INVESTAMA WONOSOBO Oleh Hidayah NIM. 09402244032 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang dilaksanakan di perusahaan, hambatan dalam pelaksanaan program K3, dan upaya dalam mengatasi hambatan dalam pelaksanaan program K3 di PT Tirta Investama Wonosobo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah informan kunci yaitu ketua anggota Safety, Health, and Environment (SHE) yang merupakan ahli K3 dan informan pendukung terdiri dari 3 (tiga) orang anggota SHE dan karyawan bagian gudang produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan program K3 di PT Tirta Investama Wonosobo berdampak positif terhadap produktivitas kerja. Berdasarkan hasil wawancara menemukan bahwa terdapat kenaikan produktivitas sebesar 15,41 % jika dibandingkan dengan sebelum dilaksanakan program WISE diperusahaan. Program yang dilaksanakan diperusahaan yaitu: (1) Pembinaan K3 dilaksanakan dengan menggunakan metode komunikasi proaktif, pelatihan dan motivasi. (2) Pengawasan dilaksanakan dengan metode behavior safety audit dan pelaporan kecelakaan kerja. (3) Penyediaan fasilitas dan sarana K3 meliputi: MCK, kamar ganti karyawan dan looker room, kotak P3K, kantin, koperasi, rest area, poliklinik dan APD. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan K3 yaitu kurangnya kesadaran karyawan dalam menggunakan APD dan rendahnya kesadaran karyawan terhadap K3. Upaya dalam mengatasi hambatan tersebut adalah dengan memberikan safety induction, training dan coaching, Re-training, counseling, pemberian peringatan lisan dan tulisan, serta pengawasan oleh manajemen lini. Kata kunci: Produktivitas kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16922

Actions (login required)

View Item View Item