PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS-GAME-TOURNAMENT(TGT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 GOMBONG TAHUN AJARAN 2012/2013

Sari, Ratih Nurmala (2013) PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS-GAME-TOURNAMENT(TGT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 GOMBONG TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi belajar serta ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gombong yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Game-Tournament dan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pembelajaran sistem koloid jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Pembelajaran kimia dalam penelitian ini menggunakan metode diskusi. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan tujuan tertentu. Subjek penelitian ini adalah 64 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas Teams-Game-Tournament dan kelas Reciprocal Teaching. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan teknik ujian. Tes prestasi belajar kimia menggunakan tes prestasi belajar materi sistem koloid yang telah di validasi secara teoritis dan empiris. Persyaratan hipotesis diuji dengan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek, dan anakova dengan pengetahuan awal sebagai kovarian yang dikendalikan secara statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gombong yang mengikuti model pembelajaran Teams-Game-Tournament dengan yang mengikuti model pem-belajaran Reciprocal Teaching jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Teams-Game-Tournament, Reciprocal Teaching, prestasi belajar, motivasi belajar, sistem koloid.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 17 Apr 2015 03:35
Last Modified: 29 Jan 2019 21:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16921

Actions (login required)

View Item View Item