THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING TYPE SNOWBALL THROWING IN ACCOUNTING EDUCATION TO IMPROVE STUDENT LEARNING INDEPENDENCE CLASS X AK 1 SMK 1 KLATEN

Mulyadi, Gennedy Amanu (2015) THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING TYPE SNOWBALL THROWING IN ACCOUNTING EDUCATION TO IMPROVE STUDENT LEARNING INDEPENDENCE CLASS X AK 1 SMK 1 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Oleh: 10418244019 ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar akuntansi siswa kelas XAk 1 SMK Negeri 1 Klaten tahun pelajaran 2014/2015 dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe SnowBall Throwing. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan, dan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase dan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipeSnowBall Throwing dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X Ak 1 SMK Negeri 1 Klaten tahun pelajaran 2014/2015. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan skor kemandirian belajar siswa dari siklus 1 sebesar 38,19% meningkat menjadi 68,23% pada siklus 2. Berdasarkan lembar angket dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa sebesar 67,65% sebelum penerapan menjadi 80,18% setelah penerapan SnowBall Throwing. Hal tersebut dapat diuraikan pada setiap aspek yang di observasi, membaca materi pelajaran pada siklus 1 sebesar 36,81% menjadi 68,75% pada siklus 2. Membuat pertanyaan sebesar37,5% pada siklus 1 menjadi 68,06% pada siklus 2. Pada aspek menjawab pertanyaan sebesar 40,97% pada siklus 1 menjadi 65,28% pada siklus 2. Pada aspek mendengarkan dan diskusi guru maupun siswa lain meningkat dari 38,89% pada siklus 1 menjadi 67,36% pada siklus 2. Pada aspek mengerjakan soal secara mandiri meningkat dari 38,89% menjadi 70,15%. Pada aspek merangkum materi pembelajaran siswa meningkat dari 35,42% pada siklus 1 menjadi 65,97% pada siklus 2.Pada aspek mengerjakan kerjasama terhadap kelompok meningkat dari 40,28% menjadi 66,67% pada siklus 2.Pada aspek melakukan permainan lempar bola serta Tanya jawab meningkat dari 36,81% pada siklus I menjadi 73,61% pada siklus 2. Kata kunci: Kemandirian Belajar, SnowBall Throwing, Pembelajaran Kooperatif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:16
Last Modified: 29 Jan 2019 21:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16919

Actions (login required)

View Item View Item