PENGELOLAAN ARSIP INAKTIF DI KANTOR ARSIP DAERAH KABUPATEN SLEMAN.

Utami Wulan Wahyu Anjar, Wulan (2013) PENGELOLAAN ARSIP INAKTIF DI KANTOR ARSIP DAERAH KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL WULAN.pdf

Download (745kB) | Preview

Abstract

PENGELOLAAN ARSIP INAKTIF DI KANTOR ARSIP DAERAH KABUPATEN SLEMAN Oleh: Wulan Wahyu Anjar Utami NIM 09402241020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab belum optimalnya pengelolaan arsip inaktif di Kantor Arsip Daerah Kabupaten Sleman yang meliputi sistem penyimpanan, fasilitas kearsipan, petugas kearsipan, pemeliharaan arsip inaktif, penyusutan arsip, penilaian serta penyusutan arsip. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah petugas kearsipan yang menangani arsip inaktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengorganisasian data, pengelolaan data, verifikasi data dan penafsiran data, serta pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan arsip inaktif di Kantor Arsip Daerah Kabupaten Sleman belum sepenuhnya optimal, yaitu (1) Fasilitas kearsipan seperti ruang penyimpanan arsip belum sesuai dengan standar karena suhu dan kelembaban udara belum sesuai, tidak tersedia AC, fire alarm system dan alat pemadam kebakaran, kurangnya rak untuk menyimpan arsip inaktif hal ini disebabkan karena belum dilaksanakannya pemusnahan asip, (2) Fasilitas pemeliharaan kurang maksimal hal ini disebabkan karena hanya menggunakan kemoceng sehingga debu tidak dapat dibersihkan secara menyeluruh, (3) Petugas kearsipan dalam aspek kecekatan masih kurang karena penemuan kembali arsip memerlukan waktu rata-rata 3 menit hal ini disebabkan karena masih mengunakan daftar penyimpanan manual, (4) Lingkungan kerja dilihat dari sisi kerapihan masih kurang karena semua peralatan kerja diletakan diatas meja dan berantakan hal ini disebabkan karena masing-masing petugas kearsipan tidak memiliki almari atau laci untuk menyimpan kertas dan peralatan kerja, (5) Peminjaman arsip, arsip yang dipinjam sering hilang, terselip dan tidak menggunakan kartu pinjam arsip hal ini disebabkan karena kurangnya pengawasan dan perhatian terhadap peminjaman arsip serta peminjaman untuk pihak luar instansi belum dapat dilaksanakan hal ini disebabkan karena belum mempunyai prosedur peminjaman untuk pihak luar instansi, (6) Pemusnahan arsip belum dilaksanakan hal ini disebabkan karena sebagian besar arsip belum dinilai sehingga arsip belum memiliki jadwal retensi arsip. Kata kunci: Pengelolaan, Arsip, Arsip Inaktif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16907

Actions (login required)

View Item View Item