EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Saputra, Candra Ajityas Anggit (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, dan (2) perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester 2 SMA N 10 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 170 peserta didik dan terbagi dalam 5 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel berjumlah 68 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas yaitu sebagai kelas eksperimen (A1) dan sebagai kelas kontrol (A2). Aktivitas belajar kimia peserta didik dianalisis secara deskriptif dengan persentase, sedangkan hipotesis diuji menggunakan analisis kovarian satu jalur (anakova A). Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis diperoleh bahwa: (1) aktivitas belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS secara keseluruhan adalah baik dengan nilai persentase aktivitas rata-rata sebesar 61,44 %, dan (2) tidak ada perbedaan yang signifikan (p = 0,129) pada prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Dengan demikian peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS memiliki aktivitas baik, tetapi model pembelajaran TSTS ini kurang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 17 Apr 2015 03:24
Last Modified: 29 Jan 2019 21:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16905

Actions (login required)

View Item View Item