IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS X AK 2 SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Rahmawati, Nur Laili (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS X AK 2 SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas X AK 2 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, angket respon siswa dan catatan lapangan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran akuntansi siswa kelas X AK 2 dengan diimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Keaktifan Belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 6,39 % yaitu dari 88,33 % pada siklus I menjadi 94,72 % pada siklus II. Peningkatan yang terjadi pada semua indikator secara rinci yaitu ; 1) Siswa mengeksplorasi kemampuannya sendiri (think), sebesar 5,6 % dari 94,4 % pada siklus I menjadi 100 % pada siklus II. 2) Siswa membahas tugas dengan pasangannya (pair) 6,7 % yakni sebesar 91,1 % pada siklus I menjadi 97,8 % pada siklus II. 3) Tidak ada peningkatan pada indikator siswa menyelesaikan tugas dengan pasangannya karena sudah mencapai 100 % pada kedua siklus. 4) Siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya (share) sebesar 3,3 % dari 86,7 % pada siklus I menjadi 90 % pada siklus II. 5) Siswa mengajukan pertanyaan atau pendapat kepada guru atau teman sebanyak 14,5 % dari 73,3 % pada siklus I menjadi 87,8 % pada siklus II. 6) Siswa mencatat materi yang dipelajari, 8,9 % yakni dari 90 % pada siklus I menjadi 98,9 % pada siklus II. 7) Siswa memperhatikan penjelasan pasangan lain atau guru sebesar 3,4 % dari 93,3 % pada siklus I menjadi 96,7 % pada siklus II. 8) Siswa menjawab pertanyaan guru atau teman juga mengalami peningkatan 8,9 %, yaitu dari 77,8 % pada siklus I menjadi 86,7 % pada siklus II. Kata Kunci : Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:16
Last Modified: 29 Jan 2019 21:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16904

Actions (login required)

View Item View Item