EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL) PADA MATA PELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 ROWOKELE KAB. KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013

Cahyaningrum, Septian Ika (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL) PADA MATA PELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 ROWOKELE KAB. KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bidang pendidikan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Inquiry Based Learning (IBL) pada pembelajaran kimia materi larutan penyangga terhadap peningkatan prestasi belajar dan motivasi belajar kimia peserta didik kelas XI semester 2 SMA N 1 Rowokele Kab. Kebumen tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan tujuan tertentu, populasi penelitian ini adalah 79 peserta didik. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen, 26 peserta didik dan kelas kontrol, 27 peserta didik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA), analisis ini digunakan untuk menguji ada tidaknya perbedaan prestasi belajar kimia peserta didik, uji t-sama subjek yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan, dan uji t-beda subjek yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inquiry Based Learning efektif terhadap peningkatan prestasi dan motivasi belajar kimia peserta didik, hal ini karena ada perbedaan yang signifikan dan positif antara motivasi peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Prestasi belajar peserta didik juga terdapat perbedaan yang signifikan dan positif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci : Inquiry Based Learning (IBL), prestasi belajar, motivasi belajar, larutan penyangga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 17 Apr 2015 03:10
Last Modified: 29 Jan 2019 21:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16893

Actions (login required)

View Item View Item