STRATEGI PUBLIC RELATIONS DI TAMAN KULINER CONDONGCATUR.

Anna Yunia Vitayati, Yunia (2013) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DI TAMAN KULINER CONDONGCATUR. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

STRATEGI PUBLIC RELATIONS DI TAMAN KULINER CONDONGCATUR Oleh: Yunia Vitayati Anna 09402244033 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kurang optimalnya strategi public relations di Taman Kuliner Condongcatur, mulai dari proses penyusunan, pelaksanaan dan evaluasi strategi public relations di Taman Kuliner Condongcatur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi Pengelola Taman Kuliner Condongcatur (4 orang) terdiri dari Kepala UPT, Kepala Subag. Tata Usaha dan 2 staff, penyewa Taman Kuliner Condongcatur dan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif meliputi pengumpulan data, mengorganisasikan data, pengelolaan data, verifikasi dan penafsiran data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab dari kurang optimalnya strategi public relations di Taman Kuliner Condongcatur yaitu: 1) Pengelola cenderung kurang kreatif dalam mengemas media dan pesan; 2) Media yang digunakan cukup beragam namun beberapa media potensial tidak digunakan oleh pengelola; 3) Pesan yang disampaikan tidak secara efektif diterima oleh masyarakat disebabkan oleh penyampaian pesan belum dilakukan secara berulang-ulang dan belum sampai pada tahap pembentukan opini publik; 4) Pengelola kurang responsif terhadap reaksi masyarakat yang merasa dikecewakan dan menulis melalui media; 5) Pengelola belum melakukan evaluasi mengenai perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, pelaksanaan, pengkomunikasian dan pencapaian tujuan; 6) Belum adanya bagian public relations secara tersendiri di Taman Kuliner Condongcatur menyebabkan tidak adanya seorang ahli public relations yang berpengalaman dan memiliki kemampuan tinggi untuk menyarankan dan memberikan usulan yang mampu dipercayai oleh pengelola sehingga kegiatan public relations dengan unit sasaran belum dapat terakomodasi dengan maksimal; 7) Kurangnya kemampuan IT dalam pengelolaan media public relations yang digunakan terutama website; 8) Belum terbentuk image Taman Kuliner sebagai tempat makan yang memuaskan. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan inovasi pengemasan media, meningkatkan kualitas makanan, evaluasi terhadap kinerja pengelola dan perlu dilakukan pengulangan penyampaian informasi sebagai penguatan sampai terbentuk opini publik. Kata kunci: Strategi, Public Relations.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:16
Last Modified: 21 Apr 2015 00:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16891

Actions (login required)

View Item View Item