PENINGKATAN PRESTASI SISWA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI METODE JIGSAW DI SMA NEGERI 2 PONOROGO

Romitasari, Maya (2014) PENINGKATAN PRESTASI SISWA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI METODE JIGSAW DI SMA NEGERI 2 PONOROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Maya Romitasari 10209241052.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi siswa kelas X dalam pembelajaran seni tari melalui metode jigsaw di SMA Negeri 2 Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 SMAN 2 Ponorogo berjumlah 38 siswa. Setting penelitian berlangsung di SMA Negeri 2 Ponorgo yang terletak di Jalan Pacar No. 24 Ponorogo. Prosedur penelitian ini atas dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat pertemuan dengan langkah-langkah: (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes penampilan, dokumentasi, wawancara, dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah catatan lapangan, lembar observasi, lembar penilaian, pedoman wawancara, dan angket kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas positif siswa dalam pembelajaran selama dua siklus mengalami peningkatan. Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa selama pembelajaran mengalami kenaikan. Hal tersebut ditandai dengan antusias siswa dengan baik dan kerja kelompok yang kompak, siswa kreatif dalam membuat gerak tari dan pola lantai, siswa mampu menggabungkan gerak tari menjadi sebuah karya, serta percaya diri waktu mempresentasikan gerak tari dan pola lantai yang mereka buat. Peningkatan prestasi didukung oleh data kuantitaif bahwa yang mendapatkan nilai lebih dari 75 atau tuntas sebelum tindakan sebesar 57,90% sebanyak 22 siswa. Setelah metode jigsaw dilaksanakan dalam pembelajaran seni tari siswa kelas X MIA 2 SMAN 2 Ponorogo, pada akhir siklus I persentase siswa yang tuntas menjadi 68,42% sebanyak 26 siswa dan siswa yang belum tuntas menjadi 31,58% sebanyak 12 siswa. Selanjutnya pada akhir siklus II persentase siswa yang tuntas menjadi 89,47% sebanyak 34 siswa dan siswa yang belum tuntas menjadi 10,53% sebanyak 4 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prestasi siswa, pembelajaran, metode Jigsaw
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 17 Apr 2015 02:49
Last Modified: 29 Jan 2019 21:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16880

Actions (login required)

View Item View Item