EFEKTIVITAS PENERAPAN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 LEDO KABUPATEN BENGKAYANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Ronaldi, Mikael (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 LEDO KABUPATEN BENGKAYANG TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2.docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan sikap ilmiah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ledo sebelum dan sesudah pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) perbedaan sikap ilmiah antara peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ledo yang mengikuti pembelajaran dengan metode praktikum kimia berbasis kontekstual dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan metode demonstrasi berbasis kontekstual dan (3) perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ledo yang mengikuti pembelajaran dengan metode praktikum kimia berbasis kontekstual dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan metode demonstrasi berbasis kontekstual, apabila pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 115 peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ledo yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas X2 sebanyak 39 peserta didik yang menerapkan metode praktikum berbasis kontesktual dan kelas X3 sebanyak 38 peserta didik yang menerapkan metode demonstrasi berbasis kontestual. Hipotesis diuji dengan uji-t sama subjek dan uji-t antar kelompok untuk data sikap ilmiah peserta didik, dan analisis kovarian (anakova) untuk data prestasi belajar kimia. Analisis uji t sama subjek untuk kelas eksperimen diperoleh t = − 4,535 (p < 0,05). Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara sikap ilmiah sebelum maupun sesudah praktikum berbasis kontekstual. Analisis uji-t sama subjek untuk kelas kontrol diperoleh nilai t = − 0,078 (p > 0,05). Hal ini berarti tidak ada perbedaan sikap ilmiah peserta didik kelas kontrol sebelum maupun sesudah demonstrasi berbasis kontekstual. Analisis uji-t antar kelompok diperoleh harga (p < 0,05). Hal ini berarti ada perbedaan signifikan antara sikap ilmiah peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis kovarian (anakova) diperoleh nilai F = 0,298 (p > 0,05). Hal ini berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol jika ditinjau dari segi prestasi belajarnya. Kata Kunci : praktikum kimia berbasis kontekstual, sikap ilmiah, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 17 Apr 2015 02:53
Last Modified: 29 Jan 2019 21:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16879

Actions (login required)

View Item View Item