KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEKRETARIS GUNA MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK DENGAN KOLEGA

Pujiastuti Vian, Astuti (2014) KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEKRETARIS GUNA MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK DENGAN KOLEGA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Vian Pujiastuti_11411134011.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pentingnya komunikasi interpersonal sekretaris guna membangun hubungan baik dengan kolega,(2) cara komunikasi interpersonal sekretaris guna membangun hubungan baik dengan kolega,(3) proses komunikasi interpersonal sekretaris guna membangun hubungan baik dengan kolega, (4) faktor pendukung dan penghambat komunikasi interpersonal sekretaris guna membangun hubungan baik dengan kolega.Pembahasan permasalahan dalam Tugas Akhir ini dilakukan dengan metode pendekatan deduktif, yaitu dengan cara menulis topik-topik pembahasan yang digambarkan secara umum kemudian ditarik suatu kesimpulan secara khusus. Pemecahan permasalahan yang dikaji menggunakan data secara studi pustaka dengan cara membaca buku-buku referensi yang berhubungan dengan permasalahan yang ada lalu menarik kesimpulannya.Hasil pembahasan yaitu: (1) komunikasi interpersonal sekretaris penting agar memudahkan bersosialisasi dengan kolega, membangun kepercayaan, menumbuhkan rasa solidaritas, meningkatkan kegairahan dalam menjalin hubungan kerja, memudahkan dalam memahami karakter kolega, terciptanya lingkungan yang nyaman, menciptakan hubungan baik, mengetahui perkembangan isu kolega, mengatasi perbedaan pendapat, dan menciptakan citra positif terhadap sekretaris (2) cara komunikasi interpersonal sekretaris yaitu: sekretaris harus memiliki rasa empati, peka terhadap kolega, peka terhadap situasi lingkungan sekitar, peka terhadap diri sendiri, luwes dalam berperilaku, dan mau mendengarkan kolega (3) proses komunikasi interpersonal sekretaris berawal dari isi pikiran sekretaris lalu diolah menjadi pesan yang dikirimkan melalui media saluran dan diterima oleh kolega, diterjemahkan lalu kolega memberikan umpan balik kepada sekretaris (4) faktor pendukung komunikasi interpersonal yaitu: kredibilitas sekretaris yang tinggi, daya tarik sekretaris (pandai, ramah, ceria), kemampuan knowledge sekretaris, memiliki sikap ramah, memiliki kestabilan emosional dan kecakapan sekretaris dalam menyampaikan informasi kepada kolega. Faktor penghambat komunikasi interpersonal sekretaris yaitu: perbedaan persepsi, rendahnya status dan kredibilitas sekretaris, kurang memahami karakteristik latar belakang sosial, maupun budaya kolega, pesan yang disampaikan hanya berupa komunikasi verbal, perasaan negatif, monopoli komunikasi, dan faktor fisik media saluran yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Diploma 3 (D3) > D3 Akuntansi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:16
Last Modified: 29 Jan 2019 21:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16863

Actions (login required)

View Item View Item