“PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEMPROSES BUKU BESAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013”

Utomo Bagas Wahyu, Bagas (2013) “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEMPROSES BUKU BESAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013”. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
01 Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

“PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEMPROSES BUKU BESAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013” Oleh : BAGAS WAHYU UTOMO 09403244053 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Memproses Buku Besar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. 2) Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Memproses Buku Besar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. 3) Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Memproses Buku Besar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. 4) Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Memproses Buku Besar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 82 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket/kuisioner. Metode dokumentasi untuk mengungkap data Prestasi Belajar Memproses Buku Besar, metode angket digunakan untuk mengungkap variabel Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMK YPKK 3 Sleman dengan N= 30. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas mengunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Memproses Buku Besar, dengan rx1y = 0,426; r2x1y = 0,181; dan thitung = 4,208 lebih besar dari ttabel sebesar 1,989. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Memproses Buku Besar, dengan rx2y = 0,290; r2x2y = 0,084; dan thitung = 2,713 lebih besar dari ttabel sebesar 1,989. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Memproses Buku Besar, dengan rx3y = 0,510; r2x3y = 0,260; dan thitung = 5,299 lebih besar dari ttabel sebesar 1,989. 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Memproses Buku Besar , dengan Ry(1,2,3) = 0,734; R2y(1,2,3) = 0,539; dan Fhitung = 30,446 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,718. Sumbangan relatif pengaruh Motivasi Belajar sebesar 48,02% , Disiplin Belajar sebesar 13,79% dan Lingkungan Keluarga 38,19% terhadap Prestasi Belajar Memproses Buku Besar. Sumbangan efektif pengaruh Motivasi Belajar sebesar 25,89% , Disiplin Belajar sebesar 7,43% dan Lingkungan Keluarga 20,58%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16858

Actions (login required)

View Item View Item