PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN BANTUAN MEDIA AKUNTAPOLI (AKUNTANSI-MONOPOLI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI IPS 3 MANYOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2012/2013.

Jayanto Irfan Dwi, Irfan (2013) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN BANTUAN MEDIA AKUNTAPOLI (AKUNTANSI-MONOPOLI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI IPS 3 MANYOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_IRFAN_PEND.AKT_09403241016.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN BANTUAN MEDIA AKUNTAPOLI (AKUNTANSI-MONOPOLI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI IPS 3 MANYOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Irfan Dwi Jayanto 09403241016 ABSTRAK Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta III Tahun Ajaran 2012/2013 melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT) dengan Bantuan Media AkuntaPoli (Akuntansi- Monopoli).Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek siswa kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta III Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi Keaktifan Belajar Akuntansi, serta catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskripstif dengan persentase. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah skor Keaktifan Belajar Akuntansi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Penelitian Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik TGT meliputi 4 tahap (tahap presentasi, tahap belajar tim, tahap games- tournament, tahap penghargaan). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I satu kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT) denganbantuan Media AkuntaPoli (Akuntansi-Monopoli) dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta III Tahun Ajaran 2012/2013. Dibuktikan dengan adanya peningkatan disetiap indicator Keaktifan Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Peningkatan skor rata-rata Keaktifan Belajar Akuntansi sebesar 14,08% (relatif) dan 11,109% (absolut), berasal dari skor rata-rata Keaktifan Belajar Akuntansi siklus I 78,891% menjadi 90% (Keaktifan Belajar Akuntansi siklus II). Kata kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT), Media Akunta-Poli (Akuntansi- Monopoli), Keaktifan Belajar Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16855

Actions (login required)

View Item View Item