ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAMMEMAHAMI MATERI KIMIA SMA KELAS X SEMESTER I

Sarni, Afriani (2013) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAMMEMAHAMI MATERI KIMIA SMA KELAS X SEMESTER I. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAMMEMAHAMI MATERI KIMIA SMA KELAS X SEMESTER I.docx

Download (12kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam memahami materi kimia kelas X semester I di SMA N 1 Seluas Kabupaten Bengkayang tahun ajaran 2012/2013, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar kimia, dan usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Seluas dengan populasi 109 peserta didik kelas X. Penelitian dilakukan dengan menggunakan soal tes tertulis kimia ulangan umum semester I. Hasilnya digunakan untuk mereduksi sampel menjadi 31 peserta didik. Peserta didik yang terpilih diberi tes wawancara. Kemudian kesalahan peserta didik dalam mengerjakan 25 butir soal tes tertulis dan persentase kesalahan dihitung per materi. Persentase kesulitan rata-rata dari peserta didik di hitung untuk masing-masing materi kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan peserta didik dalam memahami materi struktur atom dan tabel periodik unsur, ikatan kimia, hukum dasar kimia dan stoikiometri berturut-turut adalah 54,9% (sedang), 67,7% (tinggi), 67,7% (tinggi), dan 78,3% (tinggi). Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik adalah terlalu banyaknya materi sehingga peserta didik sulit mengingat materi yang sudah dijelaskan sebelumnya, kurangnya media, dan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi kimia. Usaha yang dilakukan peserta didik untuk mengatasi kesulitan belajar yaitu: mengikuti les, belajar kelompok, bertanya kepada teman dan bertanya kepada guru. Kata Kunci: kesulitan belajar, peserta didik, materi kimia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 17 Apr 2015 02:43
Last Modified: 29 Jan 2019 21:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16854

Actions (login required)

View Item View Item