EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMA SHALOM BENGKAYANG

Nurhayani, - (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMA SHALOM BENGKAYANG. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMA SHALOM BENGKAYANG.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar kimia dan motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan media pembelajaran scramble dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia tidak menggunakan media pembelajaran scramble sebagai latihan soal, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X SMA Shalom Bengkayang yang berjumlah 137 peserta didik, dibagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian sebanyak 66 peserta didik, dibagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara purposive cluster sampling. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia, data prestasi belajar kimia dan motivasi belajar kimia peserta didik. Data dianalisis dengan uji-t dan analisis kovarian (anakova). Hasil penelitian in menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan media pembelajaran scramble dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia tidak menggunakan media pembelajaran scramble, 2) ada perbedaan motivasi belajar kimia yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan media pembelajaran scramble dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran scramble sebagai latihan soal, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan menggunakan media pembelajaran scramble dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Shalom Bengkayang tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: efektivitas, media pembelajaran scramble, prestasi dan motivasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 17 Apr 2015 01:58
Last Modified: 29 Jan 2019 21:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16850

Actions (login required)

View Item View Item