Gunawan Harry, Harry (2013) PENGARUH BRAND EXTENTION (PERLUASAN MEREK) TERHADAP CITRA MEREK (BRAND IMAGE) PADA PRODUK PASTA GIGI (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PEPSODENT DI KOTA YOGYAKARTA). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
2 SKRIPSI_Harry Gunawan _NIM. 06408144046.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH BRAND EXTENTION (PERLUASAN MEREK) TERHADAP CITRA MEREK (BRAND IMAGE) PADA PRODUK PASTA GIGI (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PEPSODENT DI KOTA YOGYAKARTA) Disusun oleh: Harry Gunawan NIM. 06408144046 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh brand extention (perluasan merek) yang meliputi dimensi similiarity, reputasi, perceived quality, dan inovasi secara parsial terhadap citra merek (brand image) pada produk pasta gigi Pepsodent di Kota Yogyakarta, (2) Pengaruh brand extention (perluasan merek) yang meliputi dimensi similiarity, reputasi, perceived quality, dan inovasi secara simultan terhadap citra merek (brand image) pada produk pasta gigi Pepsodent di Kota Yogyakarta, dan (3) Dimensi brand extention (perluasan merek) yang meliputi similiarity, reputasi, perceived quality, dan inovasi yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap citra merek (brand image) pada produk pasta gigi Pepsodent di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen produk pasta gigi Pepsodent di Kota Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh karakteristik Brand extention yang meliputi similiarity dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,218, nilai t hitung > t tabel (2,373>1,984) dan nilai signifikansi sebesar 0,020 (sig<0,05), reputasi dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,137, nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,595>1,984) dan nilai signifikansi sebesar 0,011 (sig<0,05), persepsi kualitas dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,164, nilai t hitung > t tabel (2,067>1,984) dan nilai signifikansi sebesar 0,041 (sig<0,05), dan inovasi dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,141, nilai t hitung > t tabel (2,006>1,984) dan nilai signifikansi sebesar 0,048 (sig<0,05) secara parsial terhadap citra merek (brand image), (2) Terdapat pengaruh karakteristik Brand extention yang meliputi similiarity, reputasi, persepsi kualitas, dan inovasi secara simultan terhadap citra merek (brand image) pada produk pasta gigi Pepsodent di kota Yogyakarta, dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel (17,640>2,46) dan signifikansi sebesar 0,000 (sig<0,05), dan (3) Karakteristik Brand extention yang berupa similiarity memiliki pengaruh paling dominan terhadap citra merek (brand image), dibuktikan dengan koefisien beta sebesar 0,218. Kata kunci: Brand Extention, Similiarity, Reputasi, Perceived Quality, Inovasi, Citra Merek (Brand Image)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen |
Depositing User: | Admin Manajemen FE |
Date Deposited: | 21 Apr 2015 00:16 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16849 |
Actions (login required)
View Item |