PERSPEKTIF GURU DAN PESERTA DIDIK TENTANG MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMA/MA

Hermawan, - (2013) PERSPEKTIF GURU DAN PESERTA DIDIK TENTANG MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PERSPEKTIF GURU DAN PESERTA DIDIK TENTANG MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMA.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mempelajari perspektif guru kimia tentang peran motivasi dalam membantu peserta didik belajar kimia, (2) mempelajari strategi yang digunakan oleh guru kimia agar peserta didik termotivasi belajar kimia, (3) mempelajari respon peserta didik terhadap strategi yang digunakan oleh guru dalam memotivasi peserta didik belajar kimia, (4) mempelajari perspektif peserta didik tentang motivasinya dalam mempelajari kimia. Penelitan ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Sumber data penelitian adalah guru kimia dan peserta didik kelas XI IPA SMA Islam Terpadu Al Multazam Jawa barat dan MA Husnul Khotimah Jawa Barat. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah profil guru kimia, transkip wawancara dengan guru kimia, hasil angket motivasi belajar kimia yang diisi peserta didik, dan hasil observasi kelas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data yang diadaptasi dari teknik yang dikembangkan oleh Lodico, Spaulding, & Voegtle. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perspektif guru kimia tentang peran motivasi dalam membantu peserta didik belajar kimia secara garis besar ada dua yaitu mengubah pandangan negatif peserta didik mengenai mata pelajaran kimia dan memberi perlakuan yang berbeda-beda terhadap peserta didik dengan mempertimbangkan karakteristik materi yang diajarkan dan suasana kelas; (2) strategi yang digunakan oleh guru kimia agar peserta didik termotivasi belajar kimia antara lain memberi nasehat kepada peserta didik, praktikum, membuat suasana kompetitif, mengajar sesuai dengan kondisi kelas, bercerita, menganalogikan materi pelajaran kimia dengan hal lain, menyindir peserta didik, bercanda, menerangkan kegunaan dan aplikasi kimia, dan menyuruh mengerjakan soal latihan di depan kelas; (3) Respon peserta didik terhadap strategi yang digunakan oleh guru kimia dalam memotivasi belajar kimia secara garis besar cukup baik; dan (4) Perspektif peserta didik tentang motivasinya dalam belajar kimia lebih condong ke arah motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Kata kunci: perspektif guru, perspektif peserta didik, motivasi belajar kimia, penelitian kualitatif studi kasus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 17 Apr 2015 01:55
Last Modified: 29 Jan 2019 21:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16848

Actions (login required)

View Item View Item