KEEFEKTIFAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA

Dewayani, Theresia Natalisa (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Theresia Natalisa D 10201244049.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan kemampuan memahami teks deskripsi antara siswa yang menggunakan strategi Everyone is a Teacher Here dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Everyone is a Teacher Here di kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta; dan 2) menguji keefektifan strategi Everyone is a Teacher Here dalam pembelajaran pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu desain pretest posttest control. Variabel penelitian ini adalah: 1) variabel bebas, yaitu strategi Everyone is a Teacher Here dalam pembelajaran pemahaman teks deskripsi; dan 2) variabel terikat, yaitu kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta memahami teks deskripsi. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan cara undian. Berdasarkan hasil penyempelan tersebut, kelas VII A ditetapkan sebagai kelas kontrol dan kelas VII C ditetapkan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes objektif pilihan ganda. Reliabilitas intrumen dihitung dengan melihat Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Uji prasyarat analisis skor pretest dan posttest kedua kelompok menghasilkan distribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji-t data posttest kemampuan memahami teks deskripsi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, menghasilkan nilai thitung 2,404 dengan p lebih kecil dari 0,05 (p = 0,02 < 0,05) dan df 65. Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman teks deskripsi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen, diperoleh nilai thitung 5,069 dengan p lebih kecil dari 0,05 (p = 0,00 < 0,05) dan df 33. Hasil penelitian menunjukkan pada kelompok kontrol mengalami penurunan skor rata-rata sebesar 0,75, sedangkan pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan sebesar 1,71. Dapat disimpulkan bahwa strategi Everyone is a Teacher Here efektif digunakan pada pembelajaran pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Everyone is a Teacher Here, kemampuan pemahaman, pembelajaran
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 17 Apr 2015 01:39
Last Modified: 29 Jan 2019 21:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16842

Actions (login required)

View Item View Item