PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Azizah, Nur (2015) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nur Azizah 09201241020.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca di kelas XI Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam penelitian ini, pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari beberapa komponen pembelajaran, yaitu: (1) materi, (2) metode, dan (3) evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan membaca yang meliputi materi, metode, dan evaluasi pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles & Huberman (dalam Herdiansyah 2010:164), dengan tahapan berupa reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap verifikasi. Keabsahan data diuji dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, materi pembelajaran keterampilan membaca terdiri dari dua kompetensi dasar (KD), yaitu KD menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif dan KD membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik. Sumber materi yang digunakan adalah LKS. Materi yang diberikan telah sesuai dengan RPP yang disusun oleh guru. Kedua, metode pembelajaran yang digunakan pada KD menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif, yaitu penugasan, tanya jawab, diskusi, dan ceramah. Metode yang digunakan ada perbedaan dengan RPP yang disusun. Metode yang digunakan pada KD membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik, yaitu tugas, tanya jawab, diskusi, dan presentasi. Metode yang digunakan pada KD ini telah sesuai dengan RPP yang disusun. Ketiga, evaluasi pembelajaran pada KD menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif tidak sesuai dengan RPP. Evaluasi dilakukan di akhir pembelajaran dengan instumen soal uraian. Hasil evaluasi menunjukkan siswa telah mencapai ketuntasandengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 80. Evaluasi pembelajaran KD membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik telah sesuai dengan RPP yang disusun. Evaluasi dilakukan dengan cara lisan di akhir pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan semua siswa mencapai ketuntasan dengan nilai tertinggi 91 dan nilai terendah 80.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Keterampilan Membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 17 Apr 2015 01:21
Last Modified: 29 Jan 2019 21:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16836

Actions (login required)

View Item View Item