PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN MENULIS PUISI DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI

Solina, Mona (2015) PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN MENULIS PUISI DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mona Solina 10201241001.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran awal guru tentang sikap awal perencanaan pengembangan rubrik penilaian menulis puisi, mengetahui gambaran awal guru mengenai manfaat rubrik penilaian menulis puisi, mengetahui gambaran awal siswa mengenai pengalaman awal menulis puisi, mengetahui gambaran awal siswa mengenai pengalaman awal penggunaan rubrik penilaian menulis puisi, menghasilkan rubrik penilaian yang dapat digunakan untuk menilai kompetensi menulis puisi dalam pembelajaran apresiasi bagi siswa, dan mengetahui kualitas rubrik penilaian menulis puisi yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis Research adn Development (R&D), pengembangan dilakukan dengan mengacu pada 10 tahapan dari Borg and Gall yang disederhanakan menjadi lima tahapan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan pembuatan rubrik penilaian menulis puisi, (3) validasi produk rubrik penilaian menulis puisi, (4) revisi produk rubrik penilaian menulis puisi, (5) uji coba rubrik penilaian menulis puisi. Penelitian berjenis deskriptif kualitatif-kuantitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan lembar validasi. Data hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif sedangkan analisis data pada angket maupun lembar validasi langkah-langkahnya meliputi: mengubah data kualitatif menjadi kuantitatif, tabulasi semua data yang diperoleh pada sub komponen, menghitung skor rata-rata, dan mengubah skor rata-rata menjadi kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) belum semua guru menggunakan rubrik penilaian menulis puisi, (2) rubrik penilaian menulis puisi membantu guru dalam memberikan penilaian secara objektif, (3) siswa menyukai kegiatan menulis puisi, (4) guru tidak menyampaikan hasil penelitian kepada siswa yang mengakibatkan siswa tidak dapat mengevaluasi karyanya, (5) telah dihasilkan rubrik penilaian menulis puisi dalam pembelajaran apresiasi puisi, (6) rubrik penilaian menulis puisi yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan, 7) validasi rubrik mengenai kelayakan aspek kelayakan isi berkategori “sangat baik”, validasi rubrik mengenai kelayakan aspek kebahasaan berkategori “sangat baik”, validasi rubrik mengenai kelayakan aspek penulisan berkategori “sangat baik”, validasi rubrik mengenai kelayakan aspek penampilan berkategori “sangat baik”, validasi rubrik mengenai kelayakan aspek manfaat berkategori “sangat baik”, (8) berdasarkan uji reliabilitas rubrik diketahui bahwa nilai Alpha sebesar 0,875 > rtabel sebesar 0,355 berarti rubrik penilaian menulis puisi bersifat reliabel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, rubrik penilaian, menulis puisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 17 Apr 2015 01:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16835

Actions (login required)

View Item View Item