IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA NEGERI DI KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

Dewi, Meiana Yurike (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA NEGERI DI KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Meiana Yurike Dewi 10201241036.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana implementasi Kurikulum 2013 oleh SMA Negeri di Kabupaten Bantul, (2) tanggapan guru Bahasa Indonesia terhadap implementasi Kurikulum 2013, (3) kendala dalam implementasi Kurikulum 2013 tingkat SMA Negeri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (4) upaya mengatasi kendala implementasi Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA Negeri di Kabupaten Bantul. Objek penelitian adalah implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Data diperoleh dengan pembagian angket pada guru dan wawancara pada satu guru di tiap sekolah. Wawancara memilih satu guru pelaksana Kurikulum 2013 dan sudah mengikuti diklat. Keabsahan data menggunakan validitas instrumen dan metode triangulasi. Metode triangulasi dilakukan dengan membandingkan hasil angket dengan data hasil wawancara. Analisis data menggunakan teknik triangulasi dengan membandingkan data hasil angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA Negeri Kabupaten Bantul implementasi Kurikulum 2013 berupa; penyusunan RPP berdasarkan silabus yang disiapkan pemerintah menggunakan format MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Bantul ataupun format dinas; penggunaan pendekatan sainfik dalam proses pembelajaran; penggunaan metode yang paling sering digunakan adalah diskusi, tanya jawab, dan penugasan yang terangkum dalam pendekatan saintifik; penggunaan media LCD proyektor, audiovisual, dan teks pendukung dalam proses belajar; sumber belajar berupa buku wajib dari pemerintah, buku dari penerbit lain sebagai referensi, dan internet; penggunaan penilaian sesuai Kurikulum 2013, (2) tanggapan guru terhadap Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang bagus dan ideal, namun mendadak dan kurang persiapan, (3) kendala dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah keterbatasan waktu, keterbatasan sarana dan prasarana, penilaian, dan kekativan peserta didik dalam proses belajar mengajar, (4) guru mengatasi kendala implementasi Kurikulum 2013 dengan memberikan tugas rumah, mengadakan penilaian secara kelompok, menyelesaikan administrasi guru di rumah, menggunakan media yang ada dan melengkapi sendiri, memberikan motivasi dan rangsangan berupa pemberian pujian dan penambahan nilai bagi peserta didik, penilaian dilakukan berkala dan menggunakan forum MGMP sebagai tempat bertukar informasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 17 Apr 2015 01:14
Last Modified: 29 Jan 2019 21:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16833

Actions (login required)

View Item View Item