PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN TEKNIK PARTNERS A AND B PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 4 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Indrasari, Anita (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN TEKNIK PARTNERS A AND B PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 4 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anita Indrasari 07201244041.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Depok Sleman Yogyakarta dengan menggunakan teknik Partners A and B. Melalui teknik Partners A and B, peningkatan dapat dilihat secara proses maupun secara produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Depok Sleman Yogyakarta yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru Bahasa Indonesia. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan bercerita tentang tokoh idola melalui teknik Partners A and B. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara, angket, lembar observasi, catatan lapangan, dokumentasi, tes, dan pedoman penilaian. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas data. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penggunaan teknik Partners A and B dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa yang tampak pada meningkatnya kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh adanya keaktifan siswa dalam hal bertanya kepada guru, (2) peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor hasil bercerita siswa pada setiap siklus. Peningkatan hasil atau produk dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata bercerita siswa pada setiap siklus. Skor rata-rata siswa pada tahap pratindakan adalah 17,44 atau 58,13%, pada saat siklus I meningkat menjadi 20,38 atau 67,92%, dan pada siklus II meningkat menjadi 25,19 atau 83,96%. Dengan demikian, keterampilan bercerita siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Depok Sleman Yogyakarta telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan menggunakan teknik Partners A and B.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan bercerita, teknik Partners A and B, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 17 Apr 2015 01:03
Last Modified: 17 Apr 2015 01:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16830

Actions (login required)

View Item View Item