PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERPEN DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 JATIKALEN NGANJUK

Zahra, Alifarose Syahda (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERPEN DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 JATIKALEN NGANJUK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Alifarose Syahda Zahra 10201244075.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kembali isi cerpen siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Jatikalen Kabupaten Nganjuk dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write. Melalui strategi pembelajaran Think Talk Write, peningkatan dapat dilihat secara proses maupun secara produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kabupaten Jatikalen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX A yang terdiri atas 24 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan bercerita. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, angket, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes keterampilan bercerita. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, lembar observasi, pedoman wawancara, tes bercerita, catatan lapangan, dan lembar penilaian keterampilan bercerita siswa. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas proses, validitas dialogis, dan validitas hasil. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Jatikalen Kabupaten Nganjuk. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dari keaktifan, perhatian dan konsentrasi siswa pada pelajaran, minat siswa selama pembelajaran, keberanian siswa bercerita di depan kelas. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari skor ratarata keterampilan bercerita dari pratindakan sampai siklus II. Pada pratindakan, skor rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 16,84, kemudian meningkat menjadi 21,42 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 28,31 pada siklus II. Peningkatan skor rata-rata dari siklus I hingga siklus II sebesar 6,34 sedangkan skor rata-rata kelas dari pratindakan hingga siklus II sebesar 12,10.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan bercerita, strategi pembelajaran Think Talk Write
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:58
Last Modified: 29 Jan 2019 21:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16828

Actions (login required)

View Item View Item