EVALUASI TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM PELAPORAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN TAHUN PAJAK 2011-2013 DI KPP PRATAMA PURWOREJO

Sari, Dewi Febrilya (2014) EVALUASI TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM PELAPORAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN TAHUN PAJAK 2011-2013 DI KPP PRATAMA PURWOREJO. D3 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
TA FEBRILYA SARI DEWI-NIM 11409134054.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam pelaporan SPTTahunan PPh tahun pajak 2011- 2013 di KPP Pratama Purworejo, (2) Hambatan-hambatan dalam pelaporan SPT Tahunan PPh tahun pajak 2011-2013 di KPP Pratama Purworejo, (3) Upaya yang dilakukan KPP Pratama Purworejo untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam pelaporan SPT Tahunan PPh. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Metode analisis deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan jumlah Wajib Pajak Orang Pribadi yang melaporkan SPT Tahunan PPh tepat waktu dengan jumlah Wajib Pajak Orang Pribadi terdaftar Wajib SPT Tahunan PPh, kemudian dikonsultasikan dengan Norma Absolut Skala Lima. Sedangkan analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu metode yang bersifat penjelasan dan keterangan pelengkap mengenai upaya peningkatan kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam pelaporan SPT Tahunan PPh. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan di KPP Pratama Purworejo tahun pajak 2011-2013 adalah 63,41%, 69,70% dan 74,22% yang menunjukan bahwa terjadi peningkatan setiap tahunnya, (2) Hambatan-hambatan dalam pelaporan SPT Tahunan PPh yaitu ada WP yang terlambat atau tidak melaporkan SPT Tahunan dan ada WP yang kurang teliti atau kurang paham mengenai pelaporan SPT Tahunan PPh, (3) Upaya yang dilakukan KPP Pratama Purworejo untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yaitu memberikan penyuluhan tentang perpajakan, memberikan surat himbauan dan mengatasi terbatasnya SDM di KPP Pratama Purworejo dengan adanya dropbox dan partisipasi dari mahasiswa magang.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Diploma 3 (D3) > D3 Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16819

Actions (login required)

View Item View Item