PENINGKATAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA.

Septiana Ana, Septi (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi Anna Septiana (07404244026).pdf

Download (92MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA Oleh: Ana Septiana NIM. 07404244026 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) bagaimana penerapan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share dalam meningkatkan aktivitas siswa, 2) bagaimana penerapan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, 3) bagaimana penerapan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, 4) kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share dan cara mengatasinya, 5) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dalam pembelajaran ekonomi di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 10 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, berlangsung dalam dua siklus (lima kali pertemuan). Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data melalui pengamatan, tes, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk data kuantitatif. Keabsahan data diukur dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) penerapan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan aktivitas siswa dari sebelum tindakan, sampai siklus I sebesar 61% dan dari siklus I sampai siklus II sebesar 13% (kategori sedang). 2) meningkatkan motivasi belajar siswa dari sebelum tindakan sampai siklus I sebesar 9% dan dari siklus I sampai siklus II sebesar 13% (kategori sangat tinggi). 3) meningkatkan prestasi belajar siswa dari sebelum tindakan sampai siklus I sebesar 52% dan dari siklus I sampai siklus II sebesar 26%. 3) Kendala yang dihadapi berupa waktu, bahasa dalam LKS, dan siswa yang kurang serius. Cara mengatasinya dengan lebih cermat menyesuaikan materi dengan waktu, bahasa LKS lebih komunikatif, dan guru lebih tegas. 4) keterlaksanaan dalam menggunakan model pembelajaran ini sudah cukup maksimal karena lebih dari 80 % rencana sudah terlaksana dengan baik oleh guru. Kata kunci : motivasi, prestasi belajar, model pembelajaran tipe Think-Pair-Share (TPS)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16811

Actions (login required)

View Item View Item