PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN DAN RISIKO PERSEPSIAN TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN E-BANKING PADA UMKM DI KOTA YOGYAKARTA

Dwimastia Harlan, Dwi (2014) PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN DAN RISIKO PERSEPSIAN TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN E-BANKING PADA UMKM DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Full Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif yang bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking pada UMKM di Kota Yogyakarta, (2) pengaruh Kepercayaan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking pada UMKM di Kota Yogyakarta (3) pengaruh Risiko Persepsian terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking pada UMKM di Kota Yogyakarta dan (4) pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian secara bersamasama terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking pada UMKM di Kota Yogyakarta.Populasi penelitian ini adalah seluruh pengusaha UMKM yang terdaftar di Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Yogyakarta.Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 80 pelaku UMKM. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner. Uji coba instrumen menggunakan 30 responden di dalam populasi di luar sampel. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen, semua item pernyataan yang digunakan valid dan reliabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan EBanking pada UMKM di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,519 dan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,050 (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepercayaan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking pada UMKM di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,480 dan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,050) (3)Terdapat pengaruh negatif dan signifikan Risiko Persepsian terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking pada UMKM di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,160 dan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,050) (4) Terdapat pengaruh positif signifikan Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian secara bersama-sama terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking pada UMKM di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,409 atau 40,9% yang berarti bahwa Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking Pada UMKM Di Kota Yogyakarta dapat dijelaskan oleh variabel Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian adalah sebesar 40,9%. Kata Kunci : Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko Persepsian dan Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 17 Apr 2015 00:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16809

Actions (login required)

View Item View Item