PENENTUAN TARIF SEWA KAMAR DAN BIAYA PROMOSI UNTUK PENINGKATAN JUMLAH HUNIAN KAMAR PADA HOTEL INNA GARUDA YOGYAKARTA TAHUN 2008-2013

Safitri Nirwanani, Safitri (2014) PENENTUAN TARIF SEWA KAMAR DAN BIAYA PROMOSI UNTUK PENINGKATAN JUMLAH HUNIAN KAMAR PADA HOTEL INNA GARUDA YOGYAKARTA TAHUN 2008-2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
1.Skripsi Full.pdf

Download (902kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Metode penentuan Tarif Sewa Kamar pada Hotel Inna Garuda Yogyakarta tahun 2008-2013, (2)Strategi Tarif Sewa Kamar untuk Peningkatan Jumlah Hunian Kamar Hotel Inna Garuda Yogyakarta tahun 2008-2013, (3)Metode penentuan Biaya Promosi pada Hotel Inna Garuda Yogyakarta tahun 2008-2013, dan (4)Strategi Biaya Promosi untuk Peningkatan Jumlah Hunian Kamar Hotel Inna Garuda Yogyakarta tahun 2008-2013.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang dipergunakan untuk mengetahui besar pengaruh tarif sewa kamar dan biaya promosi terhadap peningkatan jumlah hunian kamar adalah menggunakan metode non statistic yaitu analisis deskriptif yang melakukan pembahasan tentang data-data dan subjek penelitian. Langkah dalam analisis data dengan menggunakan reduksi data,penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi. Analisis ini menggunakan dua variabel bebas, yaitu tarif sewa kamar dan biaya promosi, sedangkan variabel terikat yang digunakan yaitu, peningkatan jumlah hunian kamar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Metode penentuan tarif sewa kamar menggunakan target harga dari perusahaan pusat PT. HIN (Hotel Indonesia Natour). Metode tersebut diperlakukan sama kepada lima jenis kamar hotel tahun 2008-2013. Kenaikan atau penurunan dari tarif sewa kamar antara 0% hingga 27,15%. (2) Strategi tarif menyesuaikan dengan pertumbuhan pasar,kebutuhan pelanggan, dan perkembangan kualitas produk dan pelayanan. Strategi yang digunakan adalah strategi harga dengan diskon dan jenis harga paket, dan strategi penjualan kamar yaitu, Source of Business. Tarif Sewa Kamar cukup berpengaruh terhadap Peningkatan Jumlah Hunian Kamar. (3)Metode penentuan biaya promosi dari 1,5% hingga 2% jumlah persentase pendapatan.(4)Strategi promosi untuk peningkatan jumlah hunian kamar dengan kegiatan promosi seperti, personal selling dan sales promotion. Saluran promosi yang digunakan adalah promosi langsung dan promosi tidak langsung. Biaya promosi dan strategi sepertinya cukup mempunyai pengaruh terhadap Peningkatan Jumlah Hunian Kamar Hotel Inna Garuda. Kata kunci : Tarif Sewa Kamar, Biaya Promosi, Peningkatan Jumlah Hunian Kamar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 17 Apr 2015 00:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16807

Actions (login required)

View Item View Item