STUDI EKSPLORASI PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI KELAS XII SMK YPKK 2 SLEMAN.

Pramatarindya Mezzayu Luna, Mezzy (2014) STUDI EKSPLORASI PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI KELAS XII SMK YPKK 2 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

STUDI EKSPLORASI PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI KELAS XII SMK YPKK 2 SLEMAN Oleh: Mezzayu Luna P. 07404241034 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan praktek kerja industri pada kelas XII SMK YPKK 2 Sleman yang meliputi pembelajaran mata pelajaran produktif, sarana dan prasarana sekolah, persiapan siswa sebelum praktek kerja industri, kinerja siswa, monitoring guru pembimbing, monitoring instruktur pembimbing, hubungan siswa dengan DU/DI serta manfaat yang diperoleh siswa dan DU/DI terkait praktek kerja industri. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran produktif 2 orang, guru pembimbing praktek kerja industri 2 orang, instruktur pembimbing dari DU/DI 3 orang, dan siswa kelas XII SMK YPKK 2 Sleman 143 orang yang ditentukan berdasarkan Tabel Penentuan Jumlah Sampel Krejcie dan Morgan. Data yang diambil berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas angket pada variabel kinerja siswa selama pelaksanaan praktek kerja industri menggunakan uji Corrected item total corelation dan uji reliabilitas menggunakan uji Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1)Tingkat persiapan siswa kurang baik karena hanya 44,75% responden yang menyatakan telah siap. 2)kegiatan pembelajaran produktif untuk program keahlian Pemasaran hanya 14 jam seminggu. 3)sarana dan prasarana di sekolah untuk ruang praktek program keahlian Pemasaran luasnya kurang memadai. 4)monitoring guru pembimbing belum berjalan dengan baik. 5)monitoring instruktur pembimbing berjalan baik. 6)kinerja siswa untuk sub variabel pengetahuan, keterampilan dan kreatifitas dikategorikan baik karena > 50% yang memiliki kinerja baik. Sedangkan untuk sub variabel sikap kerja 46,85% yang memiliki sikap baik. 7)hubungan siswa dengan DU/DI terkategori baik karena 50,35% responden menyatakan mengenal baik sesama karyawan dan pimpinan DU/DI. 8)manfaat praktek kerja industri bagi siswa dirasa kurang memberikan manfaat karena 41,25% siswa yang merasakan manfaatnya. 8)manfaat praktek kerja industri bagi DU/DI memberikan dampak yang positif. 9)nilai praktek kerja industri siswa memuaskan karena 83,48% siswa memiliki nilai > 75. Kata kunci: Studi Eksplorasi, Praktek Kerja Industri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16802

Actions (login required)

View Item View Item