ANALISIS PENGUKURAN KINERJA REKSA DANA SAHAM YANG TERCATAT PADA BURSA EFEK INDONESIA DENGAN METODE SHARPE, TREYNOR, DAN JENSEN.

Hanggoro Wisnu Widhi, Widhi (2014) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA REKSA DANA SAHAM YANG TERCATAT PADA BURSA EFEK INDONESIA DENGAN METODE SHARPE, TREYNOR, DAN JENSEN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ANALISIS PENGUKURAN KINERJA REKSA DANA SAHAM YANG TERCATAT PADA BURSA EFEK INDONESIA DENGAN METODE SHARPE, TREYNOR, DAN JENSEN Oleh : Wisnu Widhi Hanggoro NIM. 10408141044 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Reksa Dana saham dengan menggunakan metode Sharpe, Treynor, dan Jensen serta mengetahui perbandingan kinerja Reksa Dana saham dengan kinerja benchmark ketika kondisi pasar mengalami bullish (21 November 2012 sampai 21 Mei 2013) dan kondisi bearish (22 Mei 2013 sampai 22 November 2013). Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian meliputi seluruh Reksa Dana saham yang terdaftar dan aktif pada Bursa Efek Indonesia sampai tanggal 5 Februari 2014 yang berjumlah 135 Reksa Dana saham. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 90 Reksa Dana saham sebagai sampel penelitian. Variabel dalam penelitian ini adalah return Reksa Dana saham, return pasar, dan keuntungan bebas risiko. Metode analisis data menggunakan metode Sharpe, Treynor, dan Jensen. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode Sharpe dan Treynor menunjukkan hasil yang sama, pada kondisi bullish terdapat 89 Reksa Dana saham yang menunjukkan kinerja positif dan hanya 1 Reksa Dana saham yang menunjukkan kinerja negatif, sedangkan pada kondisi bearish terdapat 1 Reksa Dana saham yang menunjukkan kinerja positif dan 89 Reksa Dana saham lainnya menunjukkan kinerja yang negatif. Menurut metode Jensen, pengukuran kinerja dengan proxy IHSG maupun proxy LQ45 ketika pasar dalam kondisi bullish terdapat 38 Reksa Dana saham yang konsisten memiliki kinerja positif, sedangkan ketika kondisi bearish terdapat 8 Reksa Dana saham yang konsisten memiliki kinerja positif. Berdasarkan hasil perbandingan kinerja Reksa Dana saham dengan benchmark ketika kondisi pasar bullish menunjukkan terdapat 57 Reksa Dana saham yang konsisten memiliki kinerja di atas kinerja benchmark (outperform). Selanjutnya ketika kondisi pasar bearish terdapat 13 Reksa Dana saham yang konsisten memiliki kinerja di atas kinerja benchmark (outperform). Kata kunci : Nilai Aktiva Bersih, metode Sharpe, Treynor, Jensen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16788

Actions (login required)

View Item View Item