HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI I MENYUKE TAHUN AJARAN 2012/2013

Sari, Dwi Yulia (2013) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI I MENYUKE TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya hubungan yang positif dan bermakna antara intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar kimia siswa dengan prestasi belajar kimia siswa, (2) hubungan antara intensitas pemanfaatan perpustaakan sekolah dengan prestasi belajar kimia siswa jika cara belajar kimia siswa dikendalikan, (3) hubungan antara cara belajar kimia siswa dengan prestasi belajar kimia siswa jika intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dikendalikan pada siswa kelas X semester 2 SMAN I Menyuke tahuan ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester 2 SMAN I Menyuke sebanyak 158 siswa. Sampel dalam penelitian 2 kelas dari 5 kelas yang ada yaitu kelas X.B dan X.D, dengan jumlah siswa 69 orang, dan diambil secara cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah, cara belajar kimia, dan prestasi belajar kimia menggunakan soal. Data dianalisis menggunakan analisis regresi dua prediktor. Persamaan regresi dua prediktor yang diperolah adalah Y= 42,589 + 0,105 X1 + 0,200 X2. Koefisien korelasi dua prediktor (Ry(1,2)) sebesar =0,409 (P<0,01) dengan Fhit = 25,237 (P<0,01) dan sumbangan efektif sebesar 43,33%. Koefisien parsial jenjang pertama intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah bila cara belajar kimia siswa dikendalikan (ry(1,2)) sebesar 0,0314 (P<0,01), sumbangan efektif sebesar 19,21%. Koefisien korelasi parsial jenjang pertama prestasi belajar kimia siswa bila intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dikendalikan (ry(2,1)) sebesar 0,8241 (P<0,01) dan sumbangan efektif sebesar 24,12 %. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah : (1) ada hubungan yang positif dan bermakna antara intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar kimia siswa dengan prestasi belajar kimia siswa. (2) Ada hubungan yang positif dan bermakna antara intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar kimia siswa, apabila cara belajar kimia siswa dikendalikan dan (3) ada hubungan yang positif dan bermakna antara cara belajar kimia siswa dengan prestasi belajar kimia siswa apabila intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dikendalikan. Kata kunci : intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah, cara belajar kimia siswa, prestasi belajar kimia siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 16 Apr 2015 06:46
Last Modified: 29 Jan 2019 21:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16783

Actions (login required)

View Item View Item