EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA TYPING TEST QUEEN PADA PEMBELAJARAN MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 TEMPEL.

Wardani Fera Arista, Fera (2013) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA TYPING TEST QUEEN PADA PEMBELAJARAN MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Fera Arista W (09402241011).pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA TYPING TEST QUEEN PADA PEMBELAJARAN MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 TEMPEL Oleh: Fera Arista Wardani NIM 09402241011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan dalam kecepatan dan keakuratan mengetik 10 jari sebelum dan sesudah diberikan media Typing Test Queen pada pembelajaran mengoperasikan aplikasi perangkat lunak; (2) efektivitas pemanfaatan media Typing Test Queen dalam meningkatkan kecepatan dan keakuratan mengetik 10 jari pada pembelajaran mengoperasikan aplikasi perangkat lunak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah pre- experimental dengan desain pre-test and post-test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Tempel yang berjumlah 224 peserta didik. Jumlah sampel sebanyak 64 peserta didik diambil dengan menggunakan teknik purposive sample dan diperoleh kelas X Administrasi Perkantoran sebagai kelompok eksperimen. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil post-test kecepatan diperoleh nilai t- hitung pada kelompok eksperimen sebesar 14,231 dengan t-tabel sebesar 1,669. Sedangkan post-test keakuratan diperoleh t-hitung 29,238 pada kelompok eksperimen dengan t-tabel 1,669. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar daripada nilai t-tabel (14,231>1,669) dan (29,238>1,669) artinya terdapat perbedaan yang signifikan dalam kecepatan dan keakuratan mengetik 10 jari peserta didik dalam pembelajaran mengoperasikan aplikasi perangkat lunak sebelum dan sesudah diberikan media Typing Test Queen. (2) Dari hasil mean post-test, kelompok eksperimen memperoleh nilai kecepatan 133,79 cpm dengan keakuratan 96,59% Hal tersebut sesuai dengan kriteria keefektifan kecepatan dan keakuratan yaitu 132-177 cpm dan keakuratan 94%-97%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media Typing Test Queen efektif dalam meningkatkan kecepatan dan keakuratan mengetik 10 jari dalam pembelajaran mengoperasikan aplikasi perangkat lunak. Kata kunci: Efektivitas, Media Typing Test Queen, Kecepatan, Keakuratan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16774

Actions (login required)

View Item View Item