EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 MENJALIN TAHUN AJARAN 2012/2013

Ika, Juniarti (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 MENJALIN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak.docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kimia peserta didik antara yang mengikuti metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik (2) perbedaan perubahan motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah, (3) perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Menjalin tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 161 peserta didik dan terbagi dalam 5 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel berjumlah 73 peserta didik yang dibagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen (XB) yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe think pair share dan kelas kontrol (XD) yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah. Metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share terdiri dari tiga tahap, yaitu thinking (berfikir), pairing (berpasangan) dan sharing (berbagi). Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan analisis anakova, uji-t sama subjek dan uji-t beda subjek. Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kimia peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol pada uji anakova yang menghasilkan F = 8,848 dan p = 0,006 (p<0,05), jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Hasil analisis uji-t sama subjek menghasilkan t0= 6,912 dan p = 0,000 (p<0,05). Hal ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan pada motivasi sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Analisis uji-t antar kelompok diperoleh t0 = 4,982 dan p = 0,000 yang berarti harga p<0,05 sehingga motivasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda signifikan. Kata kunci: motivasi belajar kimia, hasil belajar kimia dan think pair share.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:48
Last Modified: 29 Jan 2019 21:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16771

Actions (login required)

View Item View Item