FILOSOFI TARI GUNTUR SEGORO KARYA SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO 1 DI KASULTANAN YOGYAKARTA

Endarwati, Kristina (2014) FILOSOFI TARI GUNTUR SEGORO KARYA SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO 1 DI KASULTANAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Kristina Endarwati 09209241039.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan makna Filosofi tari Guntur Segoro dan mengungkapkan makna yang terkandung dalam Gerak, Tata Busana, dan makna Iringan Tari Guntur Segoro. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, fokus penelitian ini adalah Tari Guntur Segoro dan makna filosofi gerak, tata busana, dan makna Iringan Tari Guntur Segoro. Data diperoleh dengan Tehnik Observasi, Wawancara mendalam, dan Dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan bantuan berupa alat tulis dan kamera. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif metode keabsahan data dalam penelitian ini dengan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) makna filosofi terdapat dalam ragam tari Guntur Segoro yang menggambarkan diri manusia seutuhnya dengan memantapkan dan fokus tujuan tidak menghiraukan yang lain demi tercapainya cita-cita.2) makna filosofi terdapat tata busana yang mempunyai makna sifat manusia kadang berubah-ubah seperti hitam putih dan terjadinya siang dan malam. 3) makna filosofi terdapat Iringan tari mempunyai magna Suasana dari sifat manusia kadang putih kadang hitam kadang baik dan kadang jahat. Filosofi Tari Guntur Segoro menjadi kesimpulan terwujutnya cita-cita yang kita harapkan dengan cara memantapkan hati pikiran kita dan mengontrol sifat kita untuk menjalankan sebuah tanggung jawab.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Setiap masing-masing individu pasti punya dua sisi yaitu baik dan buruk, baik dilambangkan putih atau siang dan buruk dilambangkan hitam atau malam.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:58
Last Modified: 29 Jan 2019 21:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16767

Actions (login required)

View Item View Item