PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SLEMAN, YOGYAKARTA

Anggoro, Anung Setyo (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anung Setyo A 10201241059.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menyusun teks cerita pendek yang telah menerapkan pembelajaran kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Sleman meliputi pemilihan materi, penggunaan metode, pemanfaatan media dan evaluasi pada penerapan pendekatan saintifik kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru bahasa Indonesia beserta siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 1 Sleman, Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa dan objek pelaksanaan pembelajaran menyusun teks cerita pendek pada kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, analisis data dan validitas data. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data antara lain: lembar pengamatan, lembar wawancara, dan pedoman/lembar penilaian pembelajaran menyusun teks cerita pendek. Teknik analisis data dalam penelitian, yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) pada pemilihan materi, perencanaan pembelajaran sudah sesuai silabus dan sesuai lampiran IV Permendikbud No. 81A Tahun 2013. Ada beberapa rincian masih perlu diperbaiki, khususnya pada beberapa rincian indikator, KD, tujuan, materi, penilaian, dan langkah-langkah pembelajaran. (2) pada penggunaan metode dan pemanfaatan media, metode discovery learning dan pendekatan saintifik masih perlu diaplikasikan secara tepat, khususnya dalam penyampaian keutuhan materi dan penyesuaian pertanyaan dari siswa yang dapat diselaraskan dengan penambahan media demi optimalnya pemanfaatan media tersebut. (3) evaluasi meliputi penilaian proses dan penilaian hasil pembelajaran menyusun teks cerita pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sleman, Yogyakarta sudah sesuai dengan pedoman pengamatan penilaian Permendikbud, No. 66 tahun 2013, Bab II: 4-5 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Namun, teknis penilaian hasil dan pelaksanaan penilaian belum terlaksana secara utuh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, menyusun teks, teks cerita pendek
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:51
Last Modified: 29 Jan 2019 21:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16766

Actions (login required)

View Item View Item