PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN TARI DOLANAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE BEYOND CENTER AND CIRCLES TIME (BCCT) DI PAUD SEKARSARI SIDOKARTO GODEAN SLEMAN

Purnama, Sekar Cahyaning (2014) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN TARI DOLANAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE BEYOND CENTER AND CIRCLES TIME (BCCT) DI PAUD SEKARSARI SIDOKARTO GODEAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sekar Cahyaning Purnama 10209241006.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreativitas anak dalam pembelajaran tari dolanan anak usia dini melalui metode Beyond Center and Circles Time (BCCT) di PAUD Sekarsari, Sidokarto, Godean, Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus di PAUD Sekarsari. Data diperoleh melalui observasi, catatan harian, dan tes penampilan. Observasi dilakukan untuk mengumpulkan data aktivitas peserta didik, proses pembelajaran, dan implementasinya melalui metode BCCT. Catatan harian dipergunakan untuk mencatat kejadian luar biasa pada saat pembelajaran berlangsung. Tes penampilan dilakukan diakhir pembelajaran untuk mengevaluasi peningkatan kreativitas anak. Validitas data yang dipergunakan yaitu validitas demokratik dan validitas proses. Validitas demokratik adalah validitas yang ditunjukkan oleh adanya kerjasama antara kolaborator, observer, peneliti, subjek peneliti. Validitas proses adalah pengamatan yang dilakukan oleh peneliti mengenai pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data melalui analisis proses dan analisis hasil. Analisis proses adalah analisis terhadap data yang diambil pada saat proses pembelajaran. Analisis hasil adalah analisis terhadap data yang diambil dari hasil penilaian tes penampilan yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran. Penilaian peningkatan kreativitas dapat dilihat dari data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian peningkatan kreativitas anak mempunyai tingkat keberhasilan, jika telah memenuhi nilai rata-rata 51 dan dinyatakan berkembang sesuai harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode BCCT dapat ditingkatkan kreativitas anak usia dini dalam pembelajaran tari dolanan anak. Secara kualitatif, peserta didik mampu memahami dan melaksanakan perintah berupa fluency, flexibility, originality, elaboration, dan sensitivity. Padaaspek elaborationhanya 2 peserta didik yang mampu menciptakan pemecahan masalah secara nyata. Sedangkan data kuantitatif menunjukkan siklus I dan siklus II mulai dikenalkan BCCT, pembelajaran tari dolanan anak terjadi peningkatan kreativitas. Hal ini terlihat pada kondisi awal skor 42, kriteria keberhasilan mulai muncul sedangkan siklus II rata-rata skor 63 kriteria keberhasilan berkembang sesuai harapan. Ada satu aspek belum berkembang yaitu elaboration. Kondisi awal dan siklus I skor 25, siklus II skor 28. Peningkatan kreativitas anak telah memenuhi nilai rata-rata 51 berkembang sesuai harapan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan kreativitas anak, Tari dolanan anak usia dini
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:46
Last Modified: 29 Jan 2019 21:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16764

Actions (login required)

View Item View Item