Analisis Kemampuan Inkuiri Peserta Didik Pada Praktikum Kimia Di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Kelas XI IPA Tahun Ajaran 2012/2013

Hadi, Esteri Septya (2013) Analisis Kemampuan Inkuiri Peserta Didik Pada Praktikum Kimia Di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Kelas XI IPA Tahun Ajaran 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Analisis Kemampuan Inkuiri Peserta Didik Pada Praktikum Kimia.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, bertujuan untuk mengetahui kemampuan inkuiri peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada praktikum kimia materi larutan penyangga, hidrolisis garam, serta kelarutan dan hasil kali kelarutan, meliputi aspek: kemampuan mengajukan pertanyaan, merumuskan hipotesis, merangkai percobaan, mengumpulkan data, interpretasi data, dan menarik kesimpulan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik dari 7 kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel dipilih 4 kelas menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh berupa skor kemampuan inkuiri, lalu dihitung persentasenya dan dinyatakan ke dalam kategori kemampuan dan sebaran. Hasil penelitian menunjukkan persentase kemampuan inkuiri peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada praktikum Pembuatan Larutan Penyangga Menggunakan Asam Lemah dan Basa Kuat, praktikum Prinsip Kerja Larutan Penyangga dan praktikum Meramalkan Pengendapan Garam PbCl2 termasuk kategori baik, sedangkan praktikum Hidrolisis garam termasuk kategori sangat baik. Kemampuan inkuiri peserta didik pada aspek Mengajukan pertanyaan termasuk kategori sangat baik, sedangkan aspek Merumuskan hipotesis, Merangkai percobaan, Mengumpulkan data, Interpretasi data dan Menarik kesimpulan termasuk kategori baik. Kata kunci: Inkuiri, Praktikum Kimia, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Kelas XI IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:35
Last Modified: 29 Jan 2019 21:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16760

Actions (login required)

View Item View Item