PELAKSANAAN KOMUNIKASI KOORDINATIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DAN KARYAWAN DI SMK MUHAMMADIYAH KARANGMOJO.

Irawati Dewi, Dewi (2013) PELAKSANAAN KOMUNIKASI KOORDINATIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DAN KARYAWAN DI SMK MUHAMMADIYAH KARANGMOJO. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (683kB) | Preview

Abstract

PELAKSANAAN KOMUNIKASI KOORDINATIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DAN KARYAWAN DI SMK MUHAMMADIYAH KARANGMOJO Oleh : DEWI IRAWATI NIM 10402245001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan komunikasi koordinatif, 2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan komunikasi koordinatif, 3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan. Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data kepala sekolah, guru dan karyawan di SMK Muhammadiyah Karangmojo. Penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini. Teknik analalis data yang digunakan yaitu analisis interaktif yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan komunikasi koordinatif untuk meningkatkan kinerja guru dan karyawan di SMK Muhammadiyah Karangmojo: 1) Pelaksanaan komunikasi koordinatif di SMK Muhammadiyah Karangmojo telah terlaksana secara rutin dan berkesinambungan. Komunikasi koordinatif antara kepala sekolah, guru dan karyawan di SMK Muhammadiyah Karangmojo dilaksanakan dalam bentuk konsultasi langsung dan melalui rapat koordinasi yang dimanfaatkan untuk memperlancar tugas dan pekerjaan dalam rangka mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi sekolah. 2) faktor pendukung pelaksanaan komunikasi koordinatif yaitu: iklim komunikasi yang baik antara kepala sekolah, guru dan karyawan, sumber daya guru dan karyawan yang memadai, media komunikasi sudah tersedia, loyalitas dan dedikasi masing-masing personal guru dan karyawan: faktor penghambat pelaksanaan komunikasi koordinatif yaitu; hambatan fasilitas dan hambatan pekerjaan dari kepala sekolah, dan masing-masing guru dan karyawan sehingga sulit menentukan waktu yang pas untuk menentukan waktu pelaksanaan komunikasi koordinatif, 3) upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan pelaksanaan komunikasi koordinatif yaitu; adanya upaya kontinyu dan berkesinambungan dari kepala sekolah untuk menciptakan suasana yang rileks dan terbuka dengan para guru dan karyawan, kepala sekolah senantiasa memberikan bimbingan juga pengarahan kepada guru dan karyawan untuk menanamkan sikap dedikasi dan loyalitas masing-masing personil terhadap tanggung jawabnya, sekolah menfasilitasi alat kepada guru dan karyawan untuk menunjang penyelesaian tugas, kepala Sekolah lebih mengutamakan menerima guru yang belum PNS yang mampu mengajar penuh di sekolah. Kata kunci : Komunikasi Koordinatif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16759

Actions (login required)

View Item View Item